Welcome to our blog!enjoy it and happy reading guys!Thank you for your coming! ***** Welcome to our blog!enjoy it and happy reading guys!Thank you for your coming! ***** Welcome to our blog!enjoy it and happy reading guys!Thank you for your coming! ***** Welcome to our blog!enjoy it and happy reading guys!Thank you for your coming!

Senin, 27 Agustus 2012

NASKAH PIDATO MEMPERINGATI HARI KESEHATAN NASIONAL

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yang terhormat Bapak kepala sekolah .....................
Yang saya hormati guru-guru serta karyawan .....................
Teman-teman yang saya banggakan.

Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita semua dapat hadir disini dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional.
Hadirin sekalian, kesehatan sangatlah penting bagi kita semua tanpa terkecuali. Baik untuk kalangan muda maupun kalangan dewasa sekalipun sangatlah penting untuk menjaga kesehatannya.
Marilah kita meninjau dulu kebelakang tentang sejarah hari kesehatan nasional ini. Pada sekitar tahun 1960-an malaria merupakan salah satu penyakit rakyat yang berkembang dengan subur. Ratusan ribu jiwa melayang akibat malaria. Maka pada September 1959 dibentuk Dinas Pembasmian Malaria (DPM) yang kemudian pada Januari 1963 dirubah menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria (KOPEM). Pembasmian malaria tersebut ditangani secara serius oleh pemerintah dengan dibantu oleh WHO.
Pada 12 November 1964, peristiwa penyemprotan nyamuk malaria secara simbolis dilakukan oleh Bung Karno selaku Presiden RI di desa Kalasan, sekitar 10 km di sebelah timur kota Yogyakarta. Meskipun peristiwanya sendiri merupakan upacara simbolis penyemprotan nyamuk, tetapi kegiatan tersebut dibarengi dengan kegiatan pendidikan atau penyuluhan kepada masyarakat. Peristiwa itu kemudian dikenal sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN), yang setiap tahun terus menerus diperingati sampai sekarang. Sejak itu, HKN dijadikan momentum untuk melakukan pendidikan/penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.
 Hadirin sekalian, dengan semakin berkembangnya zaman, orang-orang seolah melupakan olahraga.Hal ini disebabkan karena mereka semakin sebuk dengan kegiatannya masing-masing. Anak-anak muda sekarang ini cenderung lebih memilih main game berjam-jam didepan komputernya daripada memilih berolahraga.
Dewasa ini tidak sedikit kalangan muda yang menyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya sebagai pelarian yang tentu saja membawa dampak yang kompleks. Sebagai contoh dari dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis.
Hadirin sekalian, marilah kita mulai gaya hidup sehat dari sekarang dengan pola hidup sehat untuk diri kita sendiri dulu. Merubah pola hidup memanglah tidak gampang. tetapi sehat itu sebih murah daripada sakit yang mungkin rekan-rekan ketahui kalau biaya pengobatan dewasa ini tidaklah murah, meskipun pemerintah telah memberikan program bagi warga tidak mampu. Namun sekali lagi saya tekankan kalau sehat itu lebih baik dari segalanya.Mencegah sangatlah lebih baik dari pada mengobati.
 Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatian Saudara saya ucapkan terima kasih .

Wassalamu’alaikum WrWb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar